4 Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Diet

4 Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Diet -  Pada dasarnya kebutuhan nutrisi tiap orang itu berbeda dengan yang lain. Maka dari itu perlu kita pahami standar pemenuhan nutrisi tubuh saat diet penting untuk dapat mengetahui apakah metode diet yang sedang kita jalankan sesuai dengan kondisi tiap orang.


Seringkali seseorang sebelum diet tidak memperhatikan hal-hal berikut lantas diet tersebut akan sia-sia dikemudian hari. Maka dari itu untuk mengetahui apakah diet yang sedang anda jalankan itu benar atau tidak, Sebaiknya Anda perlu Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Diet :

Pastikan Diet Anda memenuhi Kebutuhan Kalori
Setiap metode diet harus bisa memenuhi kebutuhan kalori yang tepat untuk tujuan Anda, mengingat kebutuhan kalori Anda dipengaruhi oleh banyak faktor seperti, tujuan diet (menaikkan atau menurunkan berat badan), komposisi tubuh, usia, tingkat aktivitas, dan masih banyak lagi.

Jika tujuan Anda adalah untuk menurunkan berat badan maka idealnya Anda tidak membutuhkan kalori berlebihan agar tidak tersimpan menjadi lemak. Tapi jika Anda ingin menambah berat badan, maka Anda akan membutuhkan kalori ekstra untuk membantu menambah berat badan.

Sekali lagi kebutuhan kalori harian tiap orang berbeda tergantung dari usia, gender, tingkat aktivitas, dan lainnya.

Pastikan Kebutuhan Makronutrien Tercukupi
Terlepas dari apapun tujuan diet Anda, tubuh Anda harus mendapatkan asupan makronutrien dalam jumlah cukup. Makronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Jika salah satu dari tiga makronutrien ini Anda hilangkan, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari diet Anda. Kebutuhan makronutrien tiap orang pun berbeda tergantung dari tujuan diet yang ingin didapat.

Selain sebagai sumber energi tubuh, makronutrien juga berperan dalam membantu pertumbuhan, meningkatkan metabolisme, serta mengatur fungsi-fungsi tubuh.

Kebutuhan Mikronutrien juga Tidak Boleh Terlewatkan
Terkadang di saat Anda sibuk melengkapi kebutuhan makronutrien tubuh, Anda sering melewatkan asupan mikronutrien yang juga diperlukan oleh tubuh. Mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Mikronutrien bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan segar.

Mikronutrien diperlukan tubuh dalam jumlah kecil, biasanya kurang dari 100 mikrogram per hari. Berbeda dengan makronutrien (seperti karbohidrat, protein, lemak) yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah besar.

Meskipun diperlukan dalam jumlah kecil, namun mikronutrien memiliki peran yang cukup penting. Kekurangan mikronutien tertentu dalam tubuh dapat berakibat ancaman serius bagi kesehatan. Kekurangan vitamin C misalnya dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh dan membuat tubuh gampang sakit. Kekurangan mineral penting seperti zinc dan zat besi dapat menyebabkan anemia dan mudah lelah. Itulah mengapa mencukupi asupan mikronutrien sama pentingnya dengan makronutrien.

Pastikan Anda Konsisten Menjalankannya
Tidak ada metode diet apapun yang membuahkan hasil jika Anda tidak konsisten menjalankannya. Pikirkan hal ini sebelum Anda mencoba untuk berdiet. Jika Anda merasa diet yang Anda jalankan akan sangat ‘menyiksa’, maka sebaiknya Anda tunda keinginan Anda untuk berdiet sampai Anda benar-benar merasa nyaman dan yakin untuk menjalankannya dengan konsisten.

Pahamilah bahwa diet yang sehat adalah proses berkelanjutan yang berguna untuk membantu Anda mendapatkan kebiasaan baru yang lebih sehat dalam mencapai tujuan Anda, bukan proses instan yang dapat merugikan kesehatan Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar