Alasan Kenapa Tidak Berhasil Menurunkan Berat Badan

Alasan Kenapa Tidak Berhasil Menurunkan Berat Badan - Banyak sekali orang-orang yang sudah mencoba diet dengan mengatur pola makan dan berolahraga namun hasilnya tidak ada, karena berat badan yang di harapkan untuk turun pun malah tidak kunjung turun juga karena mereka tidak tahu cara kerja metabolisme tubuh manusia


Apa Metabolisme itu?
Ada pendekatan ilmiah yang menjelaskan tentang metabolisme. Pendekatan yang terbaik adalah pendekatan yang dapat dimengerti dengan mudah. Jadi metabolisme dapat diartikan sebagai tingkat dimana tubuh Anda membakar kalori untuk tetap hidup.

Tubuh Anda membakar kalori setiap hari. Jangan lupakan bahwa tubuh Anda perlu energi setiap saat, maupun Anda sedang tidur sekalipun. Itulah sebabnya kenapa tidak mau makan bisa menjadi hal terburuk yang Anda perbuat jika tujuannya adalah menurunkan berat badan melalui membakar lemak.


Yang Mempengaruhi Metabolisme?
Yang mempengaruhi proses metabolisme merupakan jaringan otot. Jika anda mempunyai banyak otot, semakin banyak juga kalori yang Anda bakar, tanpa memikirkan tingkat aktifitas atau umur Anda. Otot adalah jaringan hidup yang bekerja untuk Anda sebagai pembakar kalori sepanjang hari.


Inilah Faktor yang dapat Mempengaruhi Metabolisme :
Otot
Otot Merupakan faktor paling penting dan kunci utama metabolisme.

Frekuensi Makan
Semakin lama memberi jeda waktu makan Anda, semakin metabolisme Anda melambat untuk menghemat energi.

Tingkat Aktivitas
Tingkat aktiviitas merupakan faktor penting juga, akan tetapi tak akan membuat perbedaan jika Anda tidak memberikan keseimbangan antara asupan makanan yang masuk dan kalori yang anda keluarkan

Pilihan Makanan
Diet rendah lemak sering membuat menurunnya produksi hormon yang berujung pada menurunnya proses metabolisme.

Cukupi Kebutuhan Air Tubuh
70% lebih fungsi tubuh kita terjadi karena adanya air. Kekurangan air akan menyebabkan sistem metabolisme Anda terganggu.

Faktor Genetik
Seseorang memiliki metabolisme yang lebih cepat dibanding dengan yang dimiliki oleh orang lain. Tentu saja merupakan faktor alami yang tak akan bisa diubah. Yang hanya dapat dilakukan orang biasa adalah merangsang metabolisme agar lebih cepat.

Produksi dan Fungsi Hormon
Bisa jadi Anda memiliki kelenjar tiroid yang “malas”. Tapi sebelum menyalahkan tiroid ada baiknya Anda menstabilkan tingkat gula darah Anda dan mulailah berolahraga 2-3 kali seminggu.

Stress
Stress juga dapat menurunkan tingkat metabolisme. Disaat Anda stress tubuh akan mengalami ketegangan. Banyak orang yang jika sedang stress lantas akan menghabiskan banyak makanan


Penyebab Metabolisme Semakin Lambat

Penelitian mengidentifikasikan bahwa proses metabolisme tidak melambat secara signifikan karena usia seseorang melainkan karena kurangnya otot. Anda tidak kehilangan otot hanya karena usia Anda yang semakin tua, tapi lebih disebabkan kurangnya aktifitas fisik yang dapat memberikan stress positif untuk mempertahankan atau meningkatkan otot Anda.

2 faktor utama penyebab proses metabolisme Anda menurun adalah Menurunnya jaringan otot dan Menurunnya tingkat aktifitas seiring dengan usia


Cara yang terbaik untuk menurunkan berat badan Anda adalah dengan meningkatkan metabolisme dan menyingkirkan lemak.

Hentikan menimbun lemak baru
Memulai olahraga tak perlu melakukan perubahan kebiasaan makan terlebih dahulu dan hentikanlah penimbunan lemak baru yang dilakukan pada malam hari.
Jangan mau lemak bertambah akibat kurangnya olahraga. Lemak menumpuk terjadi akibat karena masuknya kalori yang berlebihan padahal tidak dibutuhkan pada waktunya. Untuk itu ubahlah Pola makan Anda

Anda tak harus melakukan diet super ketat. Anda tentu boleh makan apa yang Anda inginkan asalkan tidak melebihi apa yang dibutuhkan tubuh anda karena akan melebihi kebutuhan tubuh hanya akan memicu penumpukan lemak baru.

Untuk membakar lemak Anda tidak boleh menimbun lemak baru. Selaraskan antara yang Anda makan dengan aktifitas yang anda lakukan. Maksudnya adalah makanlah dengan seimbang dan sesuaikan dengan kebutuan kalori sesuai tingkat aktifitas Anda setiap 2-3 jam.


Bakarlah lemak yang sudah ada
Seimbangkan dulu kadar gula darah Anda dan lakukan secara bertahap latihan aerobik dan latihan kekuatan (Anaerobik). Selamanya Anda tetap membutuhkan karbohidrat atau zat gizi lain

Selalulah mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah (menjaga tingkat insulin stabil, menghindari fluktuasi glukosa darah dan menunda lapar lebih lama). Ini merupakan contoh makanan yang harus selalu dikonsumsi karena kaya akan serat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga mempercepat metabolisme Anda: gandum, sayuran, buah-buahan dan sayuran.

Hindari makanan dengan kadar gula tinggi, seperti nasi, permen, gula, biskuit ataupun kue manis. Disaat kandungan gula meningkat dalam tubuh, serat akan menghilang dan ini merupakan jalan untuk gula dan bahan aditif lainnya untuk memperlambat metabolisme. Karena makanan ini dicerna cepat oleh tubuh, lalu otak akan mengirimkan sinyal berupa rasa lapar yang lebih cepat dari yang seharusnya.

Sedangkan untuk program latihan, sangat penting bagi Anda untuk melakukan latihan beban dan latihan aerobik. Latihan beban berfungsi agar menjaga dan membesarkan otot Anda. Latihan ini sangat perlu dilakukan bagi Anda yang ingin mempercepat metabolisme dan membakar lemak tubuh Anda.

Latihan aerobik lebih berguna sebagai pembakar kalori Anda. Ketahuilah bahwa 30 menit treadmill bisa membakar sekitar 300 kalori. Yang intinya penting untuk menjaga keseimbangan kalori sehari-hari.

So, Ini Solusi untuk seseorang yang tidak berhasil menurunkan. Selamat mencoba ;)

0 komentar:

Poskan Komentar