Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan dan Kepintaran pada Anak

Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan dan Kepintaran pada Anak  - Seorang orang tua pasti mengharapkan anak nya untuk dapat berprestasi disekolah maupun diluar sekolah atau ingin mempunyai anak yang cerdas dan pintar. Tetapi kadang orang tua bingung bagaimana cara membuat anaknya bisa cerdas dan pintar


Sekolah tentu adalah tempat yang dapat mengembangkan kecerdasan dan kepintaran seorang Anak. Namun, selain di luar sekolah anda dapat melakukan hal tersebut agar membuat anak anda cerdas dan pintar:

Berilah ASI Eksklusif
Jika Anda mempunyai anak yang masih Bayi, berarti peluang Anda membuat kecerdasan pada anak Anda masih sangat terbuka. cara ini adalah salah satu cara efektif untuk menambah kecerdasan bayi adalah dengan memberinya ASI eksklusif selama 9 bulan.
Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 9 bulan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan dan lebih cerdas dari bayi yang hanya mendapatkan ASI 1 bulan atau bahkan kurang dari itu.

Cukupi Asupan Gizinya
Ajarkan anak sejak dini untuk mengonsumi makanan sehat agar terbiasa sejak dini, sebagai contoh makanan-makanan junk food diganti dengan sayuran serta buah-buahan segar. Pada masa pertumbuhan, otak anak Anda memerlukan nutrisi penting, seperti asam lemak Omega-3 yang didapatkan dari ikan. Anak-anak yang gemar menyantap ikan seperti, tuna, salmon, dan cod, memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam melakukan ujian.

Kenalkan Pada Musik
Memperkenalkan musik kepada anak dapat menjadi langkah yang baik untuk melatih kemampuan otak kanan. Seorang anak-anak yang bermain musik memiliki kemajuan yang pesat dalam IQ dan kemampuan akademik saat mereka menginjak usia remaja.

Kenalkan Pada Olahraga
Ada hubungan yang kuat antara kebugaran fisik dengan prestasi akademik anak-anak. Pada dasarnya aktivitas fisik saat berolahraga berkaitan erat dengan prestasi belajar anak-anak. Meningkatnya aliran darah dan oksigen ke otak saat berolahraga dianggap merupakan faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak disaat anak itu sedang mengerjakan soal dalam ujian.

Membiasakan Sarapan
Sering kali kebiasaan kecil ini masih sering diabaikan oleh para orang tua. Dengan kita membiasakan anak sarapan bisa meningkatkan memori dan konsentrasi anak pada saat belajar. Anak-anak yang tidak terbiasa sarapan akan sulit menerima pelajaran dan membuat cepat lelah. Karena berhubungan dengan asupan gizi yang tidak ia dapatkan di pagi hari, sehingga disaat siang hati kinerja otak pada anak menurun.

Biasakan Membaca
Membaca memang baik untuk setiap orang entah itu dari yang anak-anak hingga yang tua. Membaca adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan pengetahuan dan perkembangan kognitif anak-anak. Menurut Paul C. Burns, Betty D. Roe & Elinor P. Ross, pakar pendidikan anak dari Amerika Serikat, ada delapan aspek yang bekerja disaat anak-anak terbiasa membaca, yaitu aspek sensori, persepsi, sekuensial (tata urutan kerja), pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, dan afeksi, semua aspek yang disebutkan adalah faktor penting dalam meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak anak.

Cobalah cara-cara berikut supaya anda mempunyai anak yang berprestasi karena kecerdasan dan kepintaran yang dimiliki oleh sang Anak.

5 komentar:

  1. Giardo Pramata16 Mei 2013 21.07

    saya belum punya anak om, btw nice info.

    BalasHapus
  2. @Gioardo : gpp mas, buat bekal nanti kalau sudah punya anak :)

    BalasHapus
  3. salam kenal gan,artikelnya menarik,kunjung balik ya gan,dari newbie neh

    BalasHapus
  4. @Senonoh: sudah gan, terima kasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  5. Kebetulan postingan Anda membahas topik yang berkaitan dengan kecerdasan. Toko kami juga menjual produk yang berkaitan dengan kecerdasan untuk anak-anak. Salam praktisi blogger bandung.

    BalasHapus