Tips Diet Untuk Ibu yang Sedang Menyusui

Tips Diet Untuk Ibu yang Sedang Menyusui  - Sering kali kita mendengar keluhan Ibu yang sedang menyusui kalau ASI yang keluar sangat sedikit sehingga banyak dari ibu-ibu tersebut yang tidak memberikan ASI lagi kenapa bayi lantas mengganti nya dengan Susu Formula, Padahal sebetulnya komposisi ASI pada dasaranya sudah paling lengkap dan paling bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si bayi.

Tip-Diet-Bagi-Ibu-Menyusui-Untuk-Optimalkan-Tumbuh-Kembang-Anak


Mengasih asupan nutrisi untuk bayi harus diperhatikan karena pemenuhan nutrisi saat bayi baru lahir sampai dengan usia 2 tahun sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan anak. Dan penting juga untuk memberikan ASI secara eksklusif untuk bayi sampai dengan usia 6 bulan. Namun, para ibu yang menyusui sering mengeluhkan ASI-nya tidak bisa keluar banyak. Jadi, apa saja yang harus dikonsumsi ibu menyusui agar ASI yang diberikan ke bayi memiliki kualitas terbaik dan bisa mencukupi kebutuhan bayi? Inilah tips diet untuk ibu menyusui:

Kalori Ekstra
Ibu menyusui memerlukan kalori tambahan sekitar 400-500 kalori per hari. Jika merasa asupan kalori ini banyak, bagi frekuensi makan menjadi lebih sering. Pilihlah makanan yang padat gizi untuk memenuhi kebutuhan ekstra kalori contohnya roti gandum yang diolesi selai kacang, buah-buahan, yogurt. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi. Anda jangan ragu untuk mengonsumsi berbagai macam makanan karena adanya suatu pantangan untuk ibu menyusui. Karena sebetulnya ibu menyusui wajib memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat didapat dengan mengonsumsi makanan yang bervariasi.

Kebutuhan Cariran dalam sehari
Supaya produksi ASI lancar, penting sekali bagi ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan cairan. Paling tidak dalam sehari harus minum air putih minimal 8 gelas sehari. Jika anda merasa haus segeralah minum atau saat warna urine berubah menjadi kuning tua. Kurangilah konsumsi minuman yang mengandung kafein, karena dengan anda mengonsumsi kafein dapat mempengaruhi pola tidur si Bayi.

Kebutuhan Nutrisi untuk Ibu Menyusui yang Vegetarian
Untuk ibu menyusui yang menerapkan pola diet vegetarian harus benar-benar memperhatikan pemenuhan gizi selama menyusui karena pilihan makanan untuk vegetarian sangat terbatas sehingga perlu perhatian khusus untuk ibu menyusui yang menjalankan diet vegetarian. Kita harus memilih sumber makanan yang kaya akan kandungan zat besi, protein, dan kalsium.

Contoh sumber makanan yang kaya zat besi antara lain seperti kacang-kacangan, gandum dan produk olahannya, sayuran hijau. Untuk dapat membantu penyerapan zat besi konsumsilah bersama makanan yang kaya akan kandungan vitamin C. Untuk proteinnya bisa didapatkan dari telur, susu dan produk olahannya. Suntuk sumber makanan berkalsium, pilihlah produk susu dan olahannya, sayuran bewarna hijau, produk-produk makanan yang diperkaya dengan kalsium.

Seseorang vegetarian menghindari daging dan produk olahannya, untuk mencegah kekurangan vitamin dan mineral terdapat dalam daging ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Para petugas kesehatan umumnya merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12 yang hanya bisa didapatkan dari daging dan produk olahannya sehingga bagi ibu menyusui sangat disarankan mengonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12.

So pilih lah asupan yang tepat untuk ibu yg sedang menyusui tapi ingin diet :) Selamat Mencoba

0 komentar:

Poskan Komentar